Aplikasi Pendataan Calon Peserta Ujian Nasional 2012/2013

28 11 2012

Dalam  rangka  pendataan  calon  peserta  Ujian  Nasional  (UN),penyelenggara  tingkat  pusat memfasilitasi  program  pendataan  secara  offline  dan  online.  Hal  ini  dimaksudkan  untuk mempermudah proses pendataan sehingga data yang dihasilkan lebih cepat, tepat, akurat dan akuntabel.

Aplikasi Pendataan Ujian Nasional meliputi jenjang pendidikan SD/MI, SMP/MTs/SMPT, SMA/MA serta SMK adalah sebuah sistem aplikasi untuk menangani mekanisme pendataan siswa calon peserta Ujian Nasional.
Saat ini dan selanjutnya sistem pendataan calon peserta ujian nasional akan dilakukan secara online. Kita berharap kegiatan pendataan online ini akan berjalan dengan lancar tanpa halangan apa pun.

Namun karena tidak semua daerah dapat mengakses internet dengan baik maka, kami membuat aplikasi pendataan offline ini, tujuannya adalah untuk memudahkan menginput data secara offline dahulu terutama untuk daerah yang sulit mendapatkan jaringan internet, kemudian diupload. Aplikasi ini tidak memerlukan instalasi, cukup dengan mengcopy folder yang berisi file-file berikut:
1.  BIODATA UN. Exe
2. msvsc71.dll
3. vfp9r.dll
4. vfp9renu.dll
5. vfp9t.dll
6. foxypreview.app
7. ReportBuilder.app
8. ReportOutput.app
9. ReportPreview.app
10.  Kompetensi.dbf  ( Khusus untuk keperluan SMK )

Berikut  ini  adalah  beberapa hal yang harus diperhatikan :

  1. Kode Provinsi yang dipakai adalah Kode Provinsi seperti UN 2011/2012.
  2. Kode Kota/Kabupaten tetap seperti kode UN 2011/2012 dan sama untuk Ujian Nasional SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK, Paket A, Paket B, dan Paket C.
  3. Kode Sekolah harus sama dengan kode sekolah yang dipakai pada UN 2011/2012, kecuali ada pemekaran, dapat dikode ulang.
  4. Khusus SMK program 4 tahun, menggunakan 2 kode sekolah, kode diatas 900, untuk siswa yang diharapkan lulus tahun berikutnya (2013/2014), kode yang lama dipakai untuk siswa yang diharapkan lulus tahun pelajaran 2012/2013.
  5. Setiap sekolah/madrasah HARUS mempunyai NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional) yang diterbitkan oleh PDSP.
  6. Jika siswa sudah memiliki NISN maka wajib dientrikan.

Catatan:

  • Sebelum melakukan entri data, pastikan bahwa sudah mendownload file dari data base pusat yang bernama : rayon13_xxU.dbf dan sek13_xx01U.dbf ( xx = kode propinsi ) dan Kompetensi.dbf.  File ini tidak boleh menggunakan file yang bukan dari data base pusat.
  • Untuk Password dan alamat download database Rayon dan Sekolah silahkan hubungi Dinas Pendidikan di daerah masing-masing.
  • Untuk mendownload Aplikasi silahkan klik DISINI
  • Untuk mendownload manual dan petunjuk lainnya klik DISINI
About these ads

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: