Emansipasi di sekolahku

25 04 2007

Hari ini ada perayaan Kartini Days di tempat aku mengabdikan diri dengan segenap ilmuku. Aku berusaha cari tahu tentang makna dari sebuah perayaan Kartini lewat apresiasi seni yang ditampilkan para siswa/iku. Menarik…dan…heboh! Tampilan khas seorang perempuan Indonesia yang Jawanis telah banyak bergeser dari warna aslinya. Balutan kebaya kombinasi dengan celana jeans. Geraian rambut yang ala perempuan masa kini menghiasi gemulai lenggak-lenggoknya. Tutur bahasa ramah terlontar tanpa tatanan kromoinggil. Semuanya serba ke luar dari draff aslinya… Ya saya sadar mereka hidup dalam era yang berbeda dengan perempuan pelopor emansipasinya. Kartini, sosok perempuan Jawa, sopan, tegas, berani, tapi masih mempertahankan akar budayanya, sehingga emansipasi bukan menjadi barang jadi sesaat, tapi dapat menjadi warisan berharga untuk perempuan-perempuan yang hidup di masa sesudahnya.


Actions

Information

2 responses

26 06 2007
Adi WIjaya

Semoga saya para perempuan Indonesia dapat menjadi teladan dan memiliki warna khas tersendiri sebagai perempuan Indonesia.

26 06 2007
Adi WIjaya

Semoga saja para perempuan Indonesia dapat menjadi teladan dan memiliki warna khas tersendiri sebagai perempuan Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: