Meningkatkan Daya Ingat

3 03 2009

Seringkah Anda sibuk mencari-cari kunci atau mengingat-ingat nama artis terkenal di sebuah film – Anda tahu yang mana – yang juga dibintangi seorang aktor. Namanya adalah…???

Kehilangan ingatan sering sekali terjadi dan sungguh mengesalkan. Tapi sebenarnya ada beberapa strategi yang sederhana dan efektif, yang dapat membantu Anda. Para peneliti di Mount Sinai Medical Center telah mengembangkan sebuah program untuk membantu meningkatkan daya ingat. Olahraga Untuk Meningkatkan Daya Ingat – yaitu artikel yang sedang Anda baca ini – didasarkan pada program tersebut. Siap membangunkan ingatan Anda? Ayo kita mulai.

Prinsip p.a.

Pelajaran pertama sederhana saja. Kita menyebutnya prinsip p.a. Kunci untuk mempunyai dan menjaga ingatan yang baik adalah dengan prinsip sebagai berikut: tulis dan tempelkan di dinding di atas komputer Anda. Gunakan dan ingat-ingatlah prinsip ini.•

p untuk perhatian. Alasan paling umum mengapa seorang dewasa yang sehat menjadi lupa adalah karena mereka tidak memperhatikan saat mendapatkan informasi. Jika Anda tidak memperhatikan informasi yang Anda dapatkan, tidaklah mungkin Anda mengingatnya kelak.

a untuk arti. Informasi lebih mudah diingat kalau ada konteks keseluruhannya – atau dengan kata lain, jika lebih mempunyai arti. Kita akan melihat beberapa teknik untuk menjadikan apapun – termasuk urutan huruf dan angka yang acak menjadi lebih mengandung arti. Latihan otak Latihan otak membantu memperkuat daya ingat Anda untuk segala hal, mulai dari nama, nomor PIN , sampai password dan lelucon. Beberapa paragraf berikut menjelaskan teknik-teknik untuk membantu Anda melatih otak untuk mengingat.

  1. Teknik Cerita . Jika Anda ingin mengingat sesuatu, buatlah sebuah cerita tentangnya. Misalnya saja, Anda harus menghafal sebuah kode rekening, yaitu MI991878. Cerita Anda bisa seperti: “Michigan belum pernah dapat angka 99 sejak tahun 1878.” Terkadang tidak masuk akal, tapi cerita ini menjadikan kode itu lebih mempunyai arti dan lebih mudah untuk diingat.
  2. Teknik Film . Teknik film merupakan visual dari teknik cerita: di sini, kita mengembangkan cerita itu secara visual, bukan dengan kata-kata. Teknik film ini paling bagus jika film itu nyata, banyak gerakan, dibesar-besarkan, dan lucu.
  3. Teknik Hubungan . Anda juga dapat membuat informasi lebih mudah diingat dengan cara menghubungkannya dengan sesuatu yang sudah Anda kenal. Bertemu seseorang yang bernama Rudi? Hubungkan nama itu dengan Rudi Hartono, Rudi Hadisuwarno, atau Rudi paman Anda, dan Anda akan mendapat bantuan saat mengingat nama itu jika kelak Anda membutuhkannya.
  4. Asosiasi Huruf Pertama . Dalam metode ini, Anda mengambil huruf pertama dari hal-hal yang ingin Anda ingat, lalu membuat kata atau singkatan baru dengan menggunakan huruf-huruf tersebut, dan kemudian mengingat informasi singkatan yang baru itu. Contoh yang terkenal antara lain: USA, IBM, TGIF, dan ASAP. Asosasi huruf pertama paling bermanfaat untuk informasi yang tidak berubah-ubah, misalnya sebuah ungkapan atau petunjuk arah.
  5. Teknik foto. Misalkan Anda harus mengingat tugas berikut ini:
  • Kantor pos
  • Makanan ringan untuk nonton bola
  • Ambil foto
  • Bank

Untuk mendapatkan “foto” dari daftar ini, tutup mata Anda sambil memikirkan satu-persatu tugas di atas, lalu ingat-ingat foto yang dapat Anda kaitkan ke masing-masing tugas itu. Mungkin berupa: surat, bola, foto, dan uang. Dengan mengingat tugas itu sebagai gambar visual akan menjadikannya jauh lebih mudah diingat.


Actions

Information

One response

8 10 2010
hilda

klo buat anak usia TK gmana?
lg perlu bahan…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: