Guru Wajib atau Haram?

29 07 2009

Dapet materi dari workshop yang cukup menarik tentang profesi guru, lucu…nyebelin…, lumayanlah untuk introspeksi diri.

Berikut ada beberapa kategori guru :

  1. Guru Wajib : Guru yang keberadaannya sangat dibutuhkan dan ketidakhadirannya membuat orang-orang kehilangan. Karakrakteristik : Bekerja dengan tulus, Administrasi lengkap, Kemampuan mengajarnya bagus, Selain mengajar juga aktif dalam berbagai kegiatan,Memandang bekerja itu sebagai belajar
  2. Guru Sunat : Guru yang keberadaannya dibutuhkan tetapi ketidakhadirannnya tidak membuat orang lain kehilangan. Karakteristik : bekerja pamrih, kemampuan bagus, memandang bekerja untuk mendapatkan sesuatu.
  3. Guru Mubah : Guru yang kehadiran dan ketidakhadirannya sama saja tidak berpengaruh. Karakteristik : Bekerja asal menggugurkan kewajiban, tidak mempunyai keinginan untuk meningkatkan kemampuan dan karier, Administrasi guru asal ada (dapat fotocopy).selesai mengajar terus pulang
  4. Guru Makruh : Guru yang kehadirannya tidak diharapkan (bermasalah) dan ketidakhadirannya membuat orang lain merasa tenang bekerja. Karakteristik : selalu usil terhadap pekerjaan orang lain, selalu mengkritik orang lain/ atasan tetapi bila disuruh kerja tidak mampu, pekerjaannya tidak baik.
  5. Guru Haram : Guru yang kehadirannya dan ketidakhadirannya membuat masalah. Karakteristik : Berperilaku tidak baik di mana-mana sehingga bila dia tidak ada di sekolahpun banyak orang yang datang ke sekolah karena ada masalah dengannya, kalau ada di sekolah membuat masalah dengan sesama temannya.

Ada di mana kita ?


Actions

Information

One response

3 01 2011
labarasi

wah… bahaya nih, saya dimana yah…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: